Jumat, 09 November 2012

Pemuda Harapan bangsa

                Sumpah Pemuda adalah bukti kelahiran bangsa Indonesia pada tanggal 28 oktober 1928, oleh sebab itu seluruh rakyat Indonesia harus mengingat dan memperingati kejadian pada tanggal 28 oktober sebagai kelahiran bangsa Indonesia, sebagai Pemuda kita harus memiliki rasa patriotisme yang tinggi dan semangat nasionalisme untuk menjunjung bangsa ini, sebagai negara maju oleh para Pemuda pemudi Indonesia, karena pemuda selalu terdepan untuk membangun masa depan.

Berikut adalah teks sumpah pemuda:

~KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENGAKU BERTUMPAH TANAH SATU, TANAH AIR INDONESIA.
~KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENGAKU BERBANGSA YANG SATU, BANGSA INDONESIA.
~KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENJUNJUNG BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA.

Pada peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah tersebut diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kali yang diciptakan oleh W.R. Soepratman Lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po dengan mencantumkan teks yang menegaskan bahwa lagu itu adalah lagu kebangsaan.

               Dan oleh karena itu para pemuda butuh pendidikan untuk mencapai suatu kemajuan, yaitu dengan cara bersekolah, para Pemuda akan mampu menghasilkan harapan bangsa yaitu memajukan negara indonesia kemancanegara.


  Dulu Pemuda mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi negara.
  Sekarang Pemuda harus mempertahankan harga diri bangsa untuk mensejahterakan negara.

               Dulu Pemuda berteriakan MERDEKA atau MATI.
               Sekarang Pemuda berteriakan MANDIRI dan BERINOVASI.

                       Dulu Pemuda berperang melawan penjajah.
                       Kini Pemuda berperang melawan ketertinggalan.
    
Dulu Pemuda berjuang dengan senjata.
Kini Pemuda berjuang dengan karya.

Oleh karena itu para Pemuda harus siap untuk zaman yang akan datang, karena beda zaman beda tantangan, karena sumpah pemuda komitmen bersatu untuk Indonesia raya.

            Para Pemuda sekarang banyak tidak tahu arti dari Sumpah Pemuda dan ada yang belum hafal teks Sumpah Pemuda,ini sangat memprihatinkan seharusnya para Pemuda mampu mengartikan dan menghafalnya agar Pemuda Pemudi Indonesia bisa memajukan negara Indonesia ini, karena ditangan Pemudalah masa depan diciptakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar